Perang Israel dan palestina dimulai sejak sejak 12 oktober 2023. Sejarah konflik ini berkepanjangan. Presiden palestina dalam beberapa pemberitaan menuding Israel melakukan pembersihan etnis di Gaza (genosida).

Hampir 3000 lebih penduduk Palestina menjadi korban diantaranya anak-anak dan wanita, dunia internasional mengecam akan tindakan tersebut. Upaya perdamaian kedua belah pihak sudah dijalakan sejak 1947 oleh PBB. Adapun serangkaian perundingan yang dilakukan oleh PBB dengan melibatkan kedua belah pihak.

Mediasi yang dilakukan PBB adalah usaha diplomatik yang ditujukan untuk menyelesaikan sengketa yang sudah terjadi selama lebih dari 100 tahun ini. Salah satunya Resolusi Dewan Keamanan PBB 242 dan 338, PBB telah terlibat dalam setiap upaya negosiasi Israel-Palestina secara tidak langsung.

Keterlibatan PBB sudah terjadi sejak 1947, yakni pemisahan tanah Palestina menjadi negara Yahudi, Arab, dan Yerusalem melalui dikeluarkannya Resolusi 181. Selain itu, penyelesaian konflik antara keduanya juga dilakukan melalui berbagai perundingan, seperti Konferensi Madrid 1991 dan Konferensi Oslo 1993.

Hingga saat ini resolusi damai kedua belah pihak masih ditolak oleh PBB. Namun saat ini pemerintah Indonesia tidak tinggal diam, dari lima resolusi itu, Indonesia menjadi motor utama dua resolusi, yaitu resolusi tentang bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Palestina dan resolusi tentang hak milik pengungsi Palestina di tanah yang diduduki Israel.

Hasil Majelis Umum PBB ini dipandang mencerminkan kuatnya solidaritas global dan dukungan untuk perjuangan Palestina yang terus berlangsung, seperti yang terlihat dari susunan hasil pemungutan suara Majelis Umum PBB, di mana setiap negara dihitung satu suara. Kegiatan manuver diplomasi politik negara Indonesia tidak hanya dijalakan oleh pemerintah, namun didalam negeri masyarakat tengah gencar dan semangatnya melakukan aksi boikot produk yang terafiliasi dengan Israel.

Hingga kini, tekanan dunia melakukan boikot perusahaan-perusahaan yang mendukung Israel semakin meluas. Para aktivis dan warganet menggunakan Twitter dan Tiktok untuk mengungkapkan bagaimana perusahaan multinasional mendukung pendudukan Israel di Palestina. Gerakan boycott, divestment, sanctions (BDS) atau boikot, divestasi, sanksi mengajak para pengikutnya untuk meninggalkan merek-merek besar tersebut karena keterlibatan langsung mendukung kekejaman Israel terhadap warga Palestina.

Boikot yang ditargetkan, terutama berfokus pada tiga besar, yakni McDonald’s (McD), Starbucks, dan Disney. Bahkan salah satu lembaga keagaman yang besar yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina.

MUI merekomendasikan umat Islam untuk menghindari transaksi produk yang terafiliasi Israel atau mendukung agresi Israel di Palestina. MUI juga meminta agar pemerintah mengambil langkah tegas dalam membantu perjuangan Palestina.

Langkah itu berupa diplomasi di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) maupun kepada negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Tujuannya agar menekan Israel menghentikan agresinya. Diplomasi itu juga untuk mendorong PBB memberikan sanksi kepada Israel.

Pemboikotan produk yang berafiliasi dengan Israel tidak hanya terjadi di skala makro di Indonesia, namun juga terjadi di skala mikro Kabupaten Lamongan strategi yang dapat di manfaatkan untuk meningkatkan produk UMKM, karena ada beberapa produk yang diproduksi UMKM mampu memenuhi konsumsi masyarakat Kabupaten Lamongan.

Jika keterbatasan bahan baku, UMKM Kabupaten Lamongan dapat melakukan subtitusi produksi karena ketersediaan bahan baku sudah banyak. UMKM Kabupaten Lamongan diyakini dapat beradaptasi dengan kondisi dan situasi apapun di pasar bahkan saat produk yang terafiliasi dengan Israel bisa disubtitusikan dengan produk yang hampir sama.

Ini merupakan peluang yang harus diambil oleh para penggusaha UMKM yang ada di Kabupaten Lamongan salah satunya mendukung perjuangan rakyat palestina tetapi juga sarana untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

By hamzah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *